Resep Kangkung Cumi Saus Tiram yang Lezat dan Menggoda Selera

Resep Kangkung Cumi Saus Tiram

Kangkung cumi saus tiram adalah salah satu hidangan yang populer dan nikmat di Indonesia. Kombinasi antara kangkung yang segar, cumi yang lembut, dan saus tiram yang gurih menciptakan rasa yang menggugah selera. Apakah Anda ingin mencoba membuatnya di rumah? Artikel ini akan memberikan resep, bahan-bahan sederhana, dan langkah-langkah praktis untuk membuat kangkung cumi saus tiram yang enak dan bergizi.

Untuk membuat kangkung cumi saus tiram, Anda hanya membutuhkan beberapa bahan sederhana yang mudah ditemukan di dapur Anda. Beberapa bahan yang dibutuhkan antara lain kangkung segar, cumi segar atau beku, saus tiram, bawang putih, bawang merah, cabai merah, dan minyak goreng. Artikel ini akan memberikan detail tentang bahan-bahan ini dan bagaimana memilihnya dengan baik untuk menciptakan hidangan yang lezat.

Membuat kangkung cumi saus tiram tidaklah sulit. Artikel ini akan memberikan langkah-langkah praktis yang mudah diikuti untuk menciptakan hidangan ini. Mulai dari membersihkan kangkung dan cumi, menggoreng bawang putih, bawang merah, dan cabai merah, hingga menyajikan hidangan dengan saus tiram yang lezat. Jangan khawatir jika Anda bukan seorang ahli masak, artikel ini akan memberikan tips dan trik untuk memasak kangkung cumi saus tiram dengan baik.

Jadi, jika Anda ingin mencoba membuat hidangan yang lezat dan bergizi, resep kangkung cumi saus tiram adalah pilihan yang sempurna. Dengan bahan-bahan sederhana dan langkah-langkah praktis, Anda dapat dengan mudah menciptakan hidangan yang menggugah selera ini di rumah. Baca artikel ini untuk mendapatkan resep lengkap, bahan-bahan yang dibutuhkan, dan langkah-langkah praktis untuk membuat kangkung cumi saus tiram yang enak dan bergizi.

Resep Masak Kangkung Cumi Saus Tiram yang Lezat dan Mudah Dibuat

Kangkung cumi saus tiram adalah salah satu hidangan yang lezat dan mudah dibuat. Kombinasi antara kangkung dan cumi yang diolah dengan saus tiram memberikan cita rasa yang kaya dan menggugah selera. Bagi Anda yang menyukai masakan dengan rasa gurih dan sedikit manis, resep ini patut dicoba.

Baca juga:  Kangkung Cah Terasi Tomat: Resep Praktis dan Lezat untuk Hidangan Sehat

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat kangkung cumi saus tiram cukup sederhana dan mudah ditemukan di pasar atau supermarket terdekat. Berikut ini adalah daftar bahan yang perlu Anda siapkan:

  • 300 gram kangkung segar
  • 200 gram cumi, bersihkan dan potong menjadi bagian kecil
  • 3 sendok makan saus tiram
  • 2 siung bawang putih, cincang halus
  • 1 buah bawang bombay, iris tipis
  • 1 sendok makan saus cabai (opsional)
  • 1 sendok teh kecap manis
  • 1 sendok makan minyak sayur
  • Garam secukupnya
  • Merica secukupnya

Setelah semua bahan tersedia, langkah-langkah berikut dapat Anda ikuti untuk membuat kangkung cumi saus tiram yang lezat:

  1. Pertama, panaskan minyak sayur dalam wajan dengan api sedang. Tumis bawang putih hingga harum.
  2. Masukkan bawang bombay dan tumis hingga layu dan berubah warna kecokelatan.
  3. Tambahkan cumi yang telah dipotong ke dalam wajan. Aduk rata dan masak hingga cumi berubah warna menjadi putih.
  4. Selanjutnya, masukkan kangkung ke dalam wajan. Aduk rata dengan cumi dan bumbu yang ada.
  5. Setelah kangkung layu, tambahkan saus tiram, saus cabai (jika suka pedas), dan kecap manis. Aduk rata dan masak selama beberapa menit hingga bumbu meresap ke dalam kangkung dan cumi.
  6. Terakhir, tambahkan garam dan merica secukupnya sesuai dengan selera. Aduk rata dan masak hingga semua bahan matang sempurna.

Kangkung cumi saus tiram siap dihidangkan. Anda dapat menyajikannya sebagai hidangan utama yang cocok untuk dibagikan bersama keluarga atau teman. Hidangan ini dapat disantap dengan nasi putih hangat atau bisa juga dijadikan pelengkap untuk hidangan lainnya.

Itulah resep masak kangkung cumi saus tiram yang lezat dan mudah dibuat. Selamat mencoba memasak dan menikmati hidangan ini!

Bahan-bahan Sederhana untuk Masak Kangkung Cumi Saus Tiram yang Menggugah Selera

Kangkung cumi saus tiram adalah salah satu hidangan yang lezat dan mudah untuk disajikan di rumah. Untuk membuat hidangan ini, Anda akan membutuhkan bahan-bahan sederhana yang mudah ditemukan di pasar atau toko bahan makanan terdekat. Berikut adalah bahan-bahan yang Anda perlukan:

  • Kangkung segar – 2 ikat
  • Cumi-cumi segar – 200 gram, potong-potong sesuai selera
  • Bawang putih – 3 siung, cincang halus
  • Bawang bombay – 1/2 buah, iris tipis
  • Saus tiram – 2 sendok makan
  • Kecap manis – 1 sendok makan
  • Garam – secukupnya
  • Merica – secukupnya
  • Minyak sayur – secukupnya
Baca juga:  Resep Kangkung Daging Jamur Saus Tiram

Bahan-bahan di atas adalah yang paling umum digunakan dalam resep Kangkung cumi saus tiram. Namun, jika Anda ingin menambahkan bahan lain seperti wortel atau jamur, Anda dapat melakukannya sesuai selera.

Pastikan Anda mendapatkan kangkung segar yang masih renyah dan memiliki warna yang cerah. Cumi-cumi segar juga menjadi kunci dalam hidangan ini, jadi pastikan Anda membelinya dari sumber yang terpercaya.

Setelah Anda mendapatkan semua bahan yang dibutuhkan, sekarang saatnya untuk memulai proses memasak Kangkung cumi saus tiram yang lezat ini.

Langkah-langkah Praktis Membuat Kangkung Cumi Saus Tiram yang Enak dan Bergizi

Kangkung cumi saus tiram adalah salah satu hidangan yang lezat dan bergizi. Kombinasi antara kangkung, cumi, dan saus tiram memberikan cita rasa yang kaya dan menggugah selera. Berikut adalah langkah-langkah praktis untuk membuat kangkung cumi saus tiram yang enak dan bergizi:

1. Persiapkan bahan-bahan yang diperlukan:

  • 250 gram kangkung, potong-potong
  • 200 gram cumi, bersihkan dan potong-potong
  • 2 sendok makan minyak sayur
  • 3 siung bawang putih, cincang halus
  • 2 sendok makan saus tiram
  • 1 sendok teh kecap manis
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 1 sendok teh maizena, larutkan dengan sedikit air

2. Panaskan minyak sayur dalam wajan atau penggorengan. Tumis bawang putih hingga harum.

3. Masukkan cumi ke dalam wajan dan tumis hingga matang. Angkat dan sisihkan.

4. Masukkan kangkung ke dalam wajan yang sama dan aduk rata dengan bawang putih yang sudah ditumis. Tumis hingga kangkung layu.

5. Tambahkan saus tiram, kecap manis, dan gula pasir ke dalam wajan. Aduk rata.

6. Kembalikan cumi yang telah dimasak ke dalam wajan. Aduk rata dengan kangkung dan saus tiram.

Baca juga:  Resep Masak Bobor Bayam Jagung Telur Puyuh

7. Tuangkan larutan maizena ke dalam wajan dan aduk hingga saus mengental.

8. Angkat kangkung cumi saus tiram dari wajan dan sajikan dalam piring saji.

Kangkung cumi saus tiram siap disajikan sebagai hidangan utama yang lezat dan bergizi. Hidangan ini cocok disantap bersama nasi putih hangat. Selamat mencoba resep Kangkung cumi saus tiram ini di rumah!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *