Resep Tumis Kangkung Terasi: Nikmatnya Masakan Sayur untuk Sehari-hari

Resep Tumis Kangkung Terasi

Apakah Anda mencari cara mudah dan praktis untuk membuat hidangan sayur yang lezat dan bergizi? Tumis kangkung terasi mungkin menjadi pilihan yang tepat untuk Anda coba. Kangkung yang segar dan terasi yang khas memberikan cita rasa yang menggugah selera. Dalam artikel ini, kami akan membagikan resep tumis kangkung terasi yang nikmat dan sederhana, serta bahan-bahan yang diperlukan untuk membuatnya.

Jika Anda tertarik untuk mencoba hidangan ini, simak artikel kami berikut ini: “Resep Tumis Kangkung Terasi: Nikmatnya Masakan Sayur yang Sederhana dan Lezat”. Artikel ini juga akan memberikan informasi tentang cara mudah dan praktis dalam membuat tumis kangkung terasi yang enak dan bergizi.

Jadi, jangan lewatkan artikel kami yang mengungkapkan resep dan cara membuat tumis kangkung terasi yang lezat dan sehat.

Resep Tumis Kangkung Terasi: Nikmatnya Masakan Sayur yang Sederhana dan Lezat

Kangkung adalah salah satu sayuran hijau yang sering digunakan dalam masakan Indonesia. Salah satu cara yang paling populer untuk memasak kangkung adalah dengan membuat tumis kangkung terasi. Tumis kangkung terasi adalah masakan yang sederhana namun lezat, dengan rasa gurih dan sedikit pedas dari bumbu terasi.

Berikut adalah resep untuk membuat tumis kangkung terasi yang nikmat:

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • 1 ikat kangkung segar
  • 3 siung bawang putih, cincang halus
  • 2 buah cabai merah, iris tipis
  • 1 sendok makan terasi
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 1 sendok makan kecap manis
  • 1 sendok teh garam
  • Minyak secukupnya untuk menumis

Cara membuat tumis kangkung terasi:

  1. Pertama, bersihkan kangkung dengan baik. Potong bagian batangnya dan pisahkan daunnya.
  2. Panaskan minyak dalam wajan dengan api sedang. Tumis bawang putih dan cabai merah hingga harum.
  3. Masukkan terasi ke dalam wajan dan aduk rata dengan bawang putih dan cabai merah.
  4. Tambahkan gula pasir, kecap manis, dan garam. Aduk rata hingga semua bumbu tercampur dengan baik.
  5. Masukkan kangkung ke dalam wajan dan aduk rata dengan bumbu. Pastikan kangkung terbalut dengan bumbu secara merata.
  6. Masak tumis kangkung terasi hingga kangkung layu dan matang, tetapi masih renyah. Jangan terlalu lama memasak kangkung agar tidak terlalu layu.
  7. Setelah matang, angkat tumis kangkung terasi dari wajan dan sajikan dengan nasi hangat.
Baca juga:  Resep Tumis Kembang Tahu Pedas yang Mudah dan Lezat

Tumis kangkung terasi siap untuk dinikmati. Rasanya yang lezat dan gurih akan membuat makanan ini menjadi favorit keluarga Anda. Anda juga dapat menambahkan bahan tambahan seperti udang atau tahu untuk membuat tumis kangkung terasi ini lebih beragam.

Demikianlah resep tumis kangkung terasi yang sederhana namun lezat. Anda dapat mencoba membuat masakan ini di rumah dan menikmati hidangan sayur yang sehat dan lezat. Selamat mencoba!

Bahan-Bahan yang Diperlukan untuk Membuat Tumis Kangkung Terasi yang Menggugah Selera

Untuk membuat tumis kangkung terasi yang menggugah selera, Anda akan membutuhkan beberapa bahan yang mudah didapatkan. Berikut adalah daftar bahan-bahan yang diperlukan:

  1. Kangkung segar: Pilih kangkung yang masih segar dan memiliki daun yang hijau cerah. Bersihkan kangkung dengan air bersih dan pisahkan daunnya dari batangnya.
  2. Bawang merah: Gunakan bawang merah segar untuk memberikan aroma dan rasa yang khas pada tumisan ini. Iris bawang merah tipis-tipis agar mudah meresap ke dalam tumisan.
  3. Bawang putih: Tambahkan bawang putih yang telah dihaluskan atau diiris tipis untuk memberikan rasa yang sedap pada tumisan kangkung terasi.
  4. Cabe merah: Jika Anda suka makanan pedas, tambahkan cabe merah yang telah diiris sebagai bumbu penyedap. Sesuaikan jumlah cabe sesuai dengan tingkat kepedasan yang diinginkan.
  5. Terasi: Terasi atau belacan adalah bumbu khas yang memberikan aroma dan rasa khas pada tumisan kangkung terasi. Terasi biasanya dijual dalam bentuk padat, Anda bisa membelinya di pasar atau supermarket terdekat.
  6. Gula: Tambahkan gula secukupnya untuk memberikan sedikit rasa manis pada tumisan kangkung terasi. Gula juga dapat membantu menyeimbangkan rasa pedas dan gurih pada masakan ini.
  7. Garam: Berikan garam secukupnya agar tumisan kangkung terasi memiliki rasa yang seimbang. Tambahkan garam sedikit demi sedikit dan cicipi masakan Anda sebelum menambahkan lebih banyak garam.
  8. Minyak goreng: Gunakan minyak goreng secukupnya untuk menumis bawang merah, bawang putih, dan cabe merah. Pastikan minyak telah panas sebelum menumis bahan-bahan tersebut.
Baca juga:  Resep Masak Kangkung Pedas Saus Tiram: Lezat dan Mudah

Itulah beberapa bahan yang diperlukan untuk membuat tumis kangkung terasi yang menggugah selera. Pastikan Anda telah menyiapkan semua bahan sebelum memasak agar proses memasak berjalan lancar. Selanjutnya, mari kita lanjutkan dengan langkah-langkah cara membuat tumis kangkung terasi yang lezat.

Cara Mudah dan Praktis Membuat Tumis Kangkung Terasi yang Enak dan Bergizi

Tumis kangkung terasi adalah salah satu hidangan yang sangat populer di Indonesia. Rasanya yang gurih dan sedap membuatnya menjadi favorit banyak orang. Tidak hanya lezat, tumis kangkung terasi juga sangat bergizi karena kangkung sendiri mengandung banyak serat, vitamin, dan mineral.

Berikut ini adalah cara mudah dan praktis untuk membuat tumis kangkung terasi yang enak dan bergizi:

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat tumis kangkung terasi antara lain:

  • Kangkung segar sebanyak 300 gram. Pastikan kangkung yang digunakan segar dan bersihkan dengan baik.
  • 2 sendok makan terasi. Terasi adalah bumbu khas Indonesia yang terbuat dari udang yang difermentasi. Bumbu ini memberikan cita rasa yang khas pada tumisan kangkung.
  • 2 siung bawang putih. Bawang putih akan memberikan aroma sedap pada tumisan kangkung.
  • 2 buah cabai merah besar. Jumlah cabai bisa disesuaikan dengan tingkat kepedasan yang diinginkan.
  • 1 sendok teh gula pasir. Gula akan memberikan sedikit kelezatan pada tumisan kangkung.
  • 1 sendok teh garam. Garam akan memberikan rasa yang seimbang pada tumisan kangkung.

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membuat tumis kangkung terasi:

  1. Pertama, haluskan terasi, bawang putih, dan cabai merah menggunakan blender atau ulekan. Haluskan hingga menjadi pasta yang lembut.
  2. Panaskan sedikit minyak dalam wajan. Tumis pasta terasi, bawang putih, dan cabai merah yang telah dihaluskan hingga harum.
  3. Setelah itu, tambahkan kangkung yang telah dicuci bersih ke dalam wajan. Aduk rata dengan bumbu tumis.
  4. Tambahkan gula pasir dan garam. Aduk rata kembali.
  5. Tumis kangkung hingga layu dan matang sempurna. Jangan terlalu lama menggoreng kangkung agar tetap renyah.
  6. Setelah matang, angkat tumisan kangkung terasi dari wajan dan sajikan selagi hangat.
Baca juga:  Resep Kangkung Tempe Saus Tiram yang Menggugah Selera

Tumis kangkung terasi siap disajikan sebagai hidangan utama atau sebagai lauk pendamping nasi putih hangat. Hidangan ini akan semakin nikmat jika disantap bersama dengan sambal terasi pedas.

Selain mudah dan praktis, resep tumis kangkung terasi juga sangat fleksibel. Anda bisa menambahkan bahan-bahan lain seperti udang, tahu, atau tempe untuk variasi rasa dan tekstur yang lebih beragam.

Demikianlah cara mudah dan praktis untuk membuat tumis kangkung terasi yang enak dan bergizi. Nikmati sajian ini bersama keluarga dan teman-teman terdekat Anda. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *