Resep Masak Kangkung Pedas Saus Tiram: Lezat dan Mudah

Resep Masak Kangkung Pedas Saus Tiram

Kangkung, salah satu sayuran yang sering dijadikan bahan masakan di Indonesia, dapat diolah menjadi berbagai hidangan lezat. Salah satu resep yang patut dicoba adalah Kangkung Pedas Saus Tiram. Hidangan ini menggabungkan rasa pedas dan gurih dari saus tiram yang menghasilkan cita rasa yang menggugah selera.

Dalam artikel ini, kami akan membagikan resep, bahan-bahan yang diperlukan, dan cara membuat Kangkung Pedas Saus Tiram yang nikmat dan praktis.

Jadi, jika Anda ingin mencoba hidangan yang menggoda lidah ini, simaklah artikel ini dengan seksama.

Resep Masak Kangkung Pedas Saus Tiram yang Lezat dan Mudah Dibuat

Kangkung pedas saus tiram adalah salah satu hidangan yang populer di Indonesia. Rasanya yang pedas dan gurih membuat hidangan ini menjadi favorit banyak orang. Untuk Anda yang ingin mencoba membuatnya di rumah, berikut adalah resep masak Kangkung pedas saus tiram yang lezat dan mudah dibuat.

Bahan yang diperlukan untuk membuat Kangkung pedas saus tiram antara lain adalah:

  • Kangkung segar, sekitar 300 gram
  • Bawang putih, sekitar 3 siung, cincang halus
  • Bawang merah, sekitar 2 siung, cincang halus
  • Cabai merah besar, sekitar 2 buah, iris tipis
  • Saus tiram, sekitar 2 sendok makan
  • Kecap manis, sekitar 1 sendok makan
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya untuk menumis

Berikut adalah langkah-langkah cara membuat Kangkung pedas saus tiram:

  1. Pertama, bersihkan kangkung dengan baik. Potong-potong kangkung menjadi bagian yang lebih kecil sesuai selera Anda. Cuci kangkung dengan air bersih dan tiriskan.
  2. Panaskan minyak goreng dalam wajan. Tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum.
  3. Masukkan cabai merah iris ke dalam wajan. Aduk-aduk bahan-bahan tersebut hingga cabai merah layu.
  4. Tambahkan saus tiram dan kecap manis ke dalam wajan. Aduk rata dan biarkan bumbu-bumbu tersebut tercampur dengan baik.
  5. Masukkan kangkung ke dalam wajan. Aduk rata kangkung dengan bumbu-bumbu hingga kangkung layu dan tercampur dengan baik.
  6. Tambahkan garam dan gula secukupnya sesuai selera Anda. Aduk rata dan biarkan bumbu meresap ke dalam kangkung.
  7. Setelah bumbu meresap dan kangkung matang, angkat kangkung dari wajan dan sajikan.
Baca juga:  Resep Kangkung Daging Jamur Saus Tiram

Kangkung pedas saus tiram siap dihidangkan. Hidangan ini enak disantap bersama nasi putih hangat. Selamat mencoba!

Bahan-Bahan yang Diperlukan untuk Membuat Kangkung Pedas Saus Tiram yang Menggugah Selera

Ketika ingin memasak Kangkung Pedas Saus Tiram yang menggugah selera, ada beberapa bahan yang harus Anda siapkan terlebih dahulu. Berikut adalah daftar bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat hidangan ini:

  1. Kangkung segar: Pastikan Anda menggunakan kangkung segar yang telah dicuci bersih sebelum digunakan. Kangkung adalah bahan utama dalam hidangan ini dan memberikan rasa yang segar dan renyah.
  2. Bawang putih: Untuk memberikan aroma dan rasa yang lezat, bawang putih sangat penting dalam hidangan ini. Cincang bawang putih dengan halus agar dapat tercampur merata dengan kangkung.
  3. Cabai merah: Untuk memberikan rasa pedas yang khas, tambahkan cabai merah yang telah diiris tipis atau dihaluskan. Anda dapat menyesuaikan jumlah cabai sesuai dengan tingkat kepedasan yang diinginkan.
  4. Saus tiram: Saus tiram adalah bumbu kunci dalam hidangan ini. Saus tiram memberikan rasa gurih dan sedikit manis yang melengkapi rasa pedas dan segar dari kangkung.
  5. Kecap manis: Kecap manis digunakan untuk memberikan sedikit rasa manis yang seimbang dengan rasa pedas dan gurih. Tambahkan kecap manis secukupnya sesuai dengan selera Anda.
  6. Garam dan merica: Untuk menyeimbangkan rasa, Anda dapat menambahkan sedikit garam dan merica sesuai dengan selera Anda. Pastikan untuk mencicipi hidangan ini saat memasak sehingga Anda dapat menyesuaikan rasa sesuai dengan preferensi pribadi.
  7. Minyak sayur: Minyak sayur digunakan untuk menumis bawang putih dan cabai merah. Pilih minyak sayur yang berkualitas baik untuk mendapatkan hasil masakan yang lebih lezat.

Sekarang, setelah Anda mengetahui bahan-bahan yang diperlukan, Anda dapat melanjutkan ke tahap berikutnya yaitu cara membuat Kangkung Pedas Saus Tiram yang lezat.

Baca juga:  Resep Tumis Kapri Kembang Tahu yang Lezat dan Sehat

Cara Membuat Kangkung Pedas Saus Tiram yang Nikmat dan Praktis

Kangkung pedas saus tiram merupakan salah satu hidangan yang sangat populer di Indonesia. Rasanya yang pedas dan gurih membuatnya menjadi pilihan favorit bagi pecinta masakan pedas. Jika Anda ingin mencoba membuatnya di rumah, berikut adalah resep yang mudah dan praktis untuk membuat kangkung pedas saus tiram yang lezat.

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat kangkung pedas saus tiram ini antara lain:

  • Kangkung segar, sekitar 300 gram
  • Bawang putih, sekitar 3 siung, cincang halus
  • Cabai merah, sekitar 3 buah, iris tipis
  • Saus tiram, sekitar 2 sendok makan
  • Garam, secukupnya
  • Gula, secukupnya
  • Air, sekitar 100 ml
  • Minyak sayur, secukupnya untuk menumis

Setelah semua bahan tersedia, langkah-langkah berikut dapat Anda ikuti untuk membuat kangkung pedas saus tiram:

  1. Pertama-tama, bersihkan kangkung dengan baik. Buang bagian yang tidak diinginkan dan potong kangkung menjadi bagian yang lebih kecil.
  2. Panaskan minyak sayur di dalam wajan dengan api sedang. Tumis bawang putih dan cabai merah hingga harum.
  3. Setelah bawang putih dan cabai merah telah harum, masukkan kangkung ke dalam wajan. Aduk-aduk kangkung hingga tercampur rata dengan bawang putih dan cabai merah.
  4. Tambahkan saus tiram, garam, dan gula ke dalam wajan. Aduk-aduk kembali kangkung hingga bumbu tercampur merata dan kangkung layu.
  5. Tuangkan air ke dalam wajan dan biarkan kangkung matang dengan meresapnya bumbu. Masak kangkung hingga matang, tetapi jangan terlalu lama agar kangkung tetap renyah.
  6. Cicipi kangkung pedas saus tiram yang telah matang. Jika rasa sudah sesuai dengan selera, angkat dan sajikan secara langsung.

Kangkung pedas saus tiram siap disajikan sebagai lauk pendamping nasi putih atau bisa juga dihidangkan sebagai hidangan utama bersama dengan nasi. Hidangan ini sangat cocok dinikmati saat masih hangat dan segar.

Baca juga:  Kelezatan Tumis Kangkung Udang dengan Saus Tiram yang Menggoda

Dengan resep yang sederhana ini, Anda dapat mencoba membuat kangkung pedas saus tiram sendiri di rumah. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *