Resep Ayam Geprek Crispy yang Lezat dan Renyah

Resep Masak Ayam Geprek Crispy

Ayam geprek crispy adalah salah satu hidangan yang sedang populer saat ini. Rasanya yang renyah dan gurih membuatnya menjadi favorit banyak orang. Jika Anda ingin mencoba membuatnya di rumah, tidak perlu khawatir karena kami akan membagikan resep dan cara membuat Ayam geprek crispy yang lezat dan mudah diikuti.

Artikel ini akan membahas tentang resep masak Ayam geprek crispy dengan rasa lezat di rumah. Kami juga akan memberikan informasi mengenai bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat Ayam geprek crispy yang enak di rumah. Selain itu, kami juga akan membagikan cara mudah membuat Ayam geprek crispy yang renyah dan nikmat di rumah.

Jadi, jika Anda ingin mencoba membuat Ayam geprek crispy yang lezat dan ingin mengetahui resep, bahan-bahan, serta cara membuatnya dengan mudah di rumah, artikel ini adalah bacaan yang tepat untuk Anda. Simak artikel ini sampai akhir untuk menemukan semua informasi yang Anda butuhkan. Selamat memasak!

Resep Masak Ayam Geprek Crispy dengan Rasa Lezat di Rumah

Ayam geprek crispy adalah salah satu hidangan yang sedang populer di Indonesia. Hidangan ini terkenal dengan ayam yang digoreng dengan tepung crispy dan disajikan dengan sambal yang pedas dan aromatik. Jika Anda ingin mencoba membuat ayam geprek crispy di rumah, berikut adalah resep yang mudah dan praktis.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat ayam geprek crispy ini cukup sederhana dan bisa ditemukan di dapur Anda. Anda akan membutuhkan ayam fillet, tepung terigu, tepung beras, telur, bawang putih, garam, merica, dan minyak untuk menggoreng.

Langkah pertama dalam membuat ayam geprek crispy adalah mempersiapkan ayam fillet. Anda bisa memotong ayam menjadi potongan kecil atau memakai ayam fillet yang sudah siap pakai. Setelah itu, haluskan bawang putih dan campurkan dengan garam dan merica.

Baca juga:  Resep Ayam Geprek Sambal Bawang yang Menggoda Selera

Selanjutnya, ambil satu mangkuk dan campurkan tepung terigu dan tepung beras. Tambahkan bawang putih yang sudah dihaluskan ke dalam campuran tepung tersebut. Kemudian, pecahkan telur ke dalam mangkuk lain dan kocok hingga tercampur rata.

Langkah berikutnya adalah memasukkan potongan ayam ke dalam campuran tepung terigu dan tepung beras. Pastikan semua bagian ayam terbalut dengan baik oleh tepung tersebut. Setelah itu, celupkan potongan ayam ke dalam telur yang sudah dikocok.

Setelah ayam terbalut dengan tepung dan telur, panaskan minyak dalam wajan. Pastikan minyak cukup banyak untuk menggoreng ayam hingga crispy dan berwarna keemasan. Goreng ayam hingga matang dan berwarna keemasan. Angkat ayam dan tiriskan.

Setelah ayam digoreng, langkah terakhir adalah membuat sambal untuk ayam geprek crispy ini. Anda bisa menggunakan sambal bawang atau sambal terasi sesuai dengan selera. Jika Anda ingin sambal yang lebih pedas, tambahkan cabai rawit ke dalam sambal.

Setelah sambal siap, letakkan potongan ayam di atas piring dan geprek dengan alat geprek atau ulekan. Pastikan ayam geprek crispy ini terlihat menarik dan terasa renyah saat digigit. Setelah itu, siram ayam dengan sambal yang sudah disiapkan.

Ayam geprek crispy siap disajikan dan dinikmati. Hidangan ini cocok disantap sebagai lauk makan siang atau malam. Anda juga bisa menambahkan nasi putih dan sayuran sebagai pelengkap. Selamat mencoba!

Berikut adalah bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat ayam geprek crispy yang enak di rumah:

  • Ayam fillet (500 gram)
  • Tepung terigu (200 gram)
  • Tepung beras (100 gram)
  • Tepung maizena (50 gram)
  • Telur (2 butir)
  • Bawang putih (3 siung, cincang halus)
  • Merica bubuk (1 sendok teh)
  • Garam (1 sendok teh)
  • Paprika bubuk (1 sendok teh)
  • Air jeruk nipis (2 sendok makan)
  • Minyak goreng secukupnya
Baca juga:  Resep Soun Goreng yang Lezat dan Mudah Dibuat: Bahan, Cara, dan Tips

Bahan-bahan di atas dapat dengan mudah ditemukan di pasar atau supermarket terdekat. Jika Anda tidak dapat menemukan tepung beras, Anda dapat menggantinya dengan tepung terigu yang sama jumlahnya.

Pastikan ayam fillet yang digunakan sudah dipotong-potong menjadi bagian yang lebih kecil. Hal ini akan membuat ayam lebih mudah digoreng dan memiliki tekstur crispy yang sempurna.

Selain itu, bawang putih yang dicincang halus akan memberikan aroma yang khas pada ayam geprek crispy ini. Jangan lupa untuk menambahkan garam dan merica bubuk agar cita rasa ayam terasa lebih nikmat.

Setelah semua bahan tersedia, Anda dapat melanjutkan dengan cara membuat ayam geprek crispy tersebut. Simak langkah-langkahnya pada bagian selanjutnya.

Cara Mudah Membuat Ayam Geprek Crispy yang Renyah dan Nikmat di Rumah

Berikut adalah cara mudah untuk membuat Ayam Geprek Crispy yang renyah dan nikmat di rumah menggunakan resep rumahan:

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat Ayam Geprek Crispy ini adalah:

  • Daging ayam fillet (potong sesuai selera)
  • Tepung terigu
  • Telur
  • Breadcrumb atau tepung roti
  • Bumbu penyedap rasa (garam, merica, kaldu ayam bubuk)
  • Minyak goreng

Langkah-langkah dalam membuat Ayam Geprek Crispy yang renyah dan nikmat ini adalah:

  1. Pertama-tama, siapkan daging ayam fillet yang sudah dipotong sesuai selera. Pastikan ayam telah dicuci bersih sebelum digunakan.
  2. Siapkan tiga wadah terpisah. Wadah pertama berisi tepung terigu, wadah kedua berisi telur yang sudah dikocok lepas, dan wadah ketiga berisi breadcrumb atau tepung roti.
  3. Bumbui daging ayam fillet dengan garam, merica, dan kaldu ayam bubuk sesuai selera. Aduk rata agar bumbu meresap dengan baik.
  4. Setelah itu, gulingkan daging ayam fillet ke dalam tepung terigu hingga seluruh permukaannya terbalut dengan tepung.
  5. Kemudian, celupkan daging ayam yang sudah dibalut dengan tepung terigu ke dalam telur yang sudah dikocok lepas. Pastikan seluruh permukaan ayam terlapisi dengan telur.
  6. Terakhir, gulingkan daging ayam yang sudah dilapisi dengan telur ke dalam breadcrumb atau tepung roti. Pastikan seluruh permukaan ayam terbalut dengan breadcrumb atau tepung roti.
  7. Panaskan minyak goreng dalam wajan dengan api sedang. Pastikan minyak cukup banyak untuk menggoreng ayam hingga matang dan renyah.
  8. Goreng daging ayam fillet yang sudah dilapisi dengan breadcrumb atau tepung roti dalam minyak panas hingga berwarna kecokelatan dan renyah. Pastikan ayam matang secara merata.
  9. Angkat ayam yang sudah matang dan tiriskan dari minyak dengan menggunakan saringan atau tisu dapur.
  10. Ayam Geprek Crispy siap disajikan. Anda dapat menyajikannya dengan nasi putih dan sambal terasi sebagai pelengkap.
Baca juga:  Resep Soto Ayam Padang: Nikmati Kelezatan Autentik

Itulah cara mudah untuk membuat Ayam Geprek Crispy yang renyah dan nikmat di rumah menggunakan resep rumahan. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat menikmati hidangan ayam geprek yang lezat dan renyah tanpa harus pergi ke restoran. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *