Tumis Kangkung Terasi Udang: Resep, Bahan, dan Cara Membuatnya

Resep Tumis Kangkung Terasi Udang

Pada artikel ini, kita akan membahas tentang resep masak Tumis Kangkung Terasi Udang yang lezat dan mudah dibuat. Kangkung yang segar dan udang yang gurih dikombinasikan dengan terasi yang khas, menghasilkan hidangan yang menggugah selera dan dapat menjadi pilihan yang sempurna untuk hidangan sehari-hari.

Kita akan mulai dengan mempelajari bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat Tumis Kangkung Terasi Udang ini. Meskipun menggunakan bahan-bahan sederhana, hidangan ini tetap dapat memberikan rasa yang enak dan lezat.

Selanjutnya, kita akan membahas langkah-langkah mudah dalam membuat Tumis Kangkung Terasi Udang ini. Dengan petunjuk yang jelas dan terperinci, Anda akan dapat dengan mudah mencoba resep ini di rumah dan menikmati hidangan yang lezat bersama keluarga.

Jadi, mari kita mulai dengan mempelajari resep Tumis Kangkung Terasi Udang yang lezat dan mudah dibuat ini.

Resep Tumis Kangkung Terasi Udang yang Lezat dan Mudah Dibuat

Tumis kangkung terasi udang adalah salah satu hidangan yang lezat dan mudah dibuat. Dengan perpaduan rasa kangkung yang segar dan gurihnya terasi udang, hidangan ini akan menjadi favorit di meja makan Anda. Berikut ini adalah resep lengkap untuk membuat Tumis Kangkung Terasi Udang yang lezat dan mudah.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat Tumis Kangkung Terasi Udang antara lain:

  • 300 gram kangkung, petik daunnya dan cuci bersih
  • 200 gram udang, kupas kulit dan bersihkan
  • 2 sendok makan terasi udang, haluskan
  • 3 siung bawang putih, cincang halus
  • 2 siung bawang merah, cincang halus
  • 2 buah cabai merah, iris tipis
  • 1 sendok makan kecap manis
  • 1 sendok makan saus tiram
  • Garam secukupnya
  • Merica secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya untuk menumis

Cara membuat Tumis Kangkung Terasi Udang:

  1. Panaskan minyak goreng dalam wajan. Tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum.
  2. Masukkan terasi udang yang telah dihaluskan ke dalam wajan. Aduk rata dan tumis hingga terasi matang dan harum.
  3. Tambahkan cabai merah iris ke dalam wajan. Aduk rata dan tumis hingga cabai layu.
  4. Masukkan udang yang telah dibersihkan ke dalam wajan. Tumis hingga udang berubah warna menjadi merah muda.
  5. Tambahkan kangkung yang telah dipetik dan dicuci bersih ke dalam wajan. Aduk rata dengan bumbu dan tumis hingga kangkung layu.
  6. Tuangkan kecap manis dan saus tiram ke dalam wajan. Aduk rata dan masak hingga bumbu meresap ke dalam kangkung dan udang.
  7. Tes rasa, tambahkan garam dan merica secukupnya sesuai selera.
  8. Angkat Tumis Kangkung Terasi Udang dan sajikan selagi hangat.
Baca juga:  Resep Kangkung Saus Tiram Rumahan yang Lezat

Demikianlah resep Tumis Kangkung Terasi Udang yang lezat dan mudah dibuat. Hidangan ini bisa menjadi pilihan yang sempurna untuk keluarga Anda. Selamat mencoba!

Bahan-bahan Sederhana untuk Membuat Tumis Kangkung Terasi Udang yang Enak

Untuk membuat tumis kangkung terasi udang yang enak, Anda akan membutuhkan beberapa bahan sederhana yang mudah ditemukan di pasar atau supermarket terdekat. Berikut adalah daftar bahan-bahan yang perlu Anda siapkan:

  1. Kangkung segar: Ambil sekitar 300 gram kangkung segar. Pastikan daunnya masih segar dan tidak layu. Cuci bersih kangkung dan potong-potong menjadi bagian yang lebih kecil.
  2. Udang segar: Gunakan sekitar 200 gram udang segar yang telah dikupas dan dibuang kepalanya. Anda dapat menggunakan udang besar atau udang kecil sesuai dengan selera.
  3. Bawang putih: Siapkan 3 siung bawang putih. Kupas dan cincang bawang putih halus-halus.
  4. Terasi: Terasi adalah bumbu yang sangat penting dalam resep tumis kangkung terasi udang. Siapkan 1 sendok teh terasi yang sudah disangrai sebelumnya. Terasi akan memberikan aroma dan rasa khas pada tumisan kangkung ini.
  5. Cabai merah: Jika Anda menyukai makanan pedas, tambahkan 1 atau 2 buah cabai merah segar sesuai dengan tingkat kepedasan yang diinginkan. Iris cabai merah menjadi potongan-potongan kecil.
  6. Garam: Tambahkan secukupnya garam sesuai dengan selera Anda.
  7. Minyak goreng: Siapkan minyak goreng secukupnya untuk menumis bahan-bahan.

Setelah Anda menyiapkan semua bahan di atas, Anda siap untuk memasak tumis kangkung terasi udang yang lezat. Jangan lupa untuk mencari resep lengkap dan langkah-langkah detail dalam membuat tumis kangkung terasi udang agar hasilnya maksimal. Selamat mencoba!

Langkah Mudah dalam Membuat Tumis Kangkung Terasi Udang yang Menggugah Selera

Berikut ini adalah langkah-langkah mudah yang bisa Anda ikuti untuk membuat tumis kangkung terasi udang yang menggugah selera:

Baca juga:  Resep Ayam Kecap Kembang Tahu yang Lezat dan Gurih

1. Persiapkan Bahan-Bahan

Sebelum memulai proses memasak, pastikan Anda telah menyiapkan semua bahan yang diperlukan. Beberapa bahan yang Anda perlukan antara lain kangkung segar, udang yang telah dikupas, bumbu-bumbu seperti terasi, bawang putih, cabai merah, garam, dan minyak goreng.

2. Tumis Bumbu-Bumbu

Panaskan sedikit minyak goreng di dalam wajan. Kemudian, tumis bawang putih dan cabai merah yang telah dihaluskan hingga harum. Tambahkan terasi yang telah dihaluskan dan aduk rata. Tumis bumbu-bumbu ini hingga matang dan mengeluarkan aroma yang sedap.

3. Masukkan Udang

Setelah bumbu-bumbu matang, masukkan udang yang telah dikupas ke dalam wajan. Aduk rata dengan bumbu hingga udang berubah warna menjadi merah dan matang. Pastikan udang matang secara merata agar teksturnya tetap lembut dan kenyal.

4. Tambahkan Kangkung

Setelah udang matang, masukkan kangkung ke dalam wajan. Aduk rata dengan bumbu dan udang. Kangkung akan cepat layu, jadi pastikan Anda tidak mengolahnya terlalu lama agar tetap segar dan renyah.

5. Tambahkan Garam

Setelah kangkung layu, tambahkan sedikit garam sesuai dengan selera Anda. Aduk rata dan cicipi tumisan kangkung terasi udang ini. Jika dirasa masih kurang garam, Anda bisa menambahkannya sedikit demi sedikit.

6. Angkat dan Sajikan

Setelah semua bahan matang dan tercampur rata, angkat tumisan kangkung terasi udang dari wajan. Sajikan tumisan ini dalam piring saji yang sudah disiapkan. Anda bisa menambahkan irisan cabai rawit sebagai pelengkap jika Anda menyukai makanan pedas.

Itulah langkah-langkah mudah dalam membuat tumis kangkung terasi udang yang menggugah selera. Anda bisa mencoba resep ini di rumah sebagai variasi dalam menyajikan kangkung yang biasanya hanya direbus atau dijadikan sayur bening. Selamat mencoba!

Baca juga:  Resep Kangkung Udang Cumi Tumis Terasi yang Menggugah Selera

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *