Inilah Resep Ayam Geprek Crispy Sambal Korek yang Harus Anda Coba!

Resep Ayam Geprek Crispy Sambal Korek

Pada artikel kali ini, kami akan membahas tentang resep masak Ayam Geprek Crispy Sambal Korek yang lezat dan mudah dibuat. Ayam geprek crispy sambal korek adalah salah satu hidangan khas Indonesia yang sangat populer dan memiliki cita rasa yang menggugah selera. Dalam artikel ini, kami akan berbagi dengan Anda bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat hidangan ini, serta langkah-langkah yang perlu Anda ikuti untuk menciptakan Ayam Geprek Crispy Sambal Korek yang nikmat dan pedas.

Dalam artikel ini, Anda akan menemukan tiga bagian utama. Bagian pertama, “Resep Ayam Geprek Crispy Sambal Korek yang Lezat dan Mudah Dibuat”, akan menjelaskan secara singkat tentang kelezatan dan kemudahan dalam membuat hidangan ini. Bagian kedua, “Bahan Utama untuk Membuat Ayam Geprek Crispy Sambal Korek yang Menggugah Selera”, akan memberikan detail tentang bahan-bahan yang harus Anda siapkan sebelum memulai proses memasak. Terakhir, bagian ketiga, “Langkah-Langkah Membuat Ayam Geprek Crispy Sambal Korek yang Nikmat dan Pedas”, akan memberikan instruksi langkah demi langkah yang harus Anda ikuti untuk menciptakan hidangan ini dengan sempurna.

Jika Anda sedang mencari resep Ayam Geprek Crispy Sambal Korek yang lezat dan pedas, maka artikel ini adalah tempat yang tepat untuk Anda.

Resep Ayam Geprek Crispy Sambal Korek yang Lezat dan Mudah Dibuat

Ayam geprek crispy sambal korek adalah salah satu hidangan yang sedang populer di Indonesia. Hidangan ini terkenal karena rasa pedasnya yang menggugah selera dan tekstur ayam yang renyah. Resep ini sangat mudah dibuat di rumah dan dapat menjadi alternatif yang lezat untuk hidangan ayam goreng biasa.

Berikut adalah resep Ayam Geprek Crispy Sambal Korek yang lezat dan mudah dibuat:

Baca juga:  Resep Soto Ayam Sunda: Nikmatnya Soto Ayam Sunda yang Autentik

Bahan-bahan:

  • 500 gram daging ayam fillet, potong menjadi bagian yang lebih kecil
  • 2 butir telur, kocok lepas
  • 1 ½ cup tepung terigu
  • 2 sendok makan maizena
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok teh merica bubuk
  • Minyak goreng secukupnya

Bahan-bahan untuk sambal korek:

  • 5 buah cabai rawit merah, sesuai selera
  • 3 buah cabai merah besar, buang bijinya
  • 4 siung bawang putih
  • 2 buah tomat, potong dadu
  • 1 sendok makan gula pasir
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok makan air jeruk nipis
  • Minyak goreng secukupnya

Cara membuat Ayam Geprek Crispy Sambal Korek:

  1. Pertama-tama, siapkan ayam fillet yang sudah dipotong kecil-kecil. Lumuri ayam dengan garam dan merica bubuk.
  2. Campurkan tepung terigu dan maizena dalam wadah terpisah. Masukkan ayam ke dalam tepung terigu, lalu celupkan ke dalam telur kocok, dan balut lagi dengan tepung terigu hingga rata.
  3. Panaskan minyak goreng dalam wajan. Goreng ayam hingga berwarna kecokelatan dan renyah. Angkat dan tiriskan.
  4. Untuk membuat sambal korek, haluskan cabai rawit merah, cabai merah besar, dan bawang putih dengan menggunakan blender atau ulekan.
  5. Panaskan minyak dalam wajan, tumis bumbu cabai yang sudah dihaluskan hingga harum. Tambahkan tomat, gula pasir, garam, dan air jeruk nipis. Aduk rata dan masak hingga matang.
  6. Angkat ayam geprek crispy dari minyak goreng dan tiriskan. Lalu, geprek ayam dengan menggunakan ulekan atau alat khusus agar lebih mudah.
  7. Letakkan ayam geprek di atas piring saji, lalu tuangkan sambal korek di atasnya. Ayam geprek crispy sambal korek siap disajikan.

Ayam Geprek Crispy Sambal Korek adalah hidangan yang cocok disajikan sebagai menu utama atau sebagai lauk pendamping nasi. Rasanya yang pedas dan renyah akan membuat Anda ketagihan. Selamat mencoba resep ini di rumah!

Baca juga:  Resep Ayam Geprek Sambal Taican yang Lezat dan Pedas

Bahan Utama untuk Membuat Ayam Geprek Crispy Sambal Korek yang Menggugah Selera

Untuk membuat Ayam Geprek Crispy Sambal Korek yang menggugah selera, Anda akan membutuhkan beberapa bahan utama yang mudah didapatkan. Berikut ini adalah bahan-bahan yang perlu Anda siapkan:

  1. Ayam Fillet: Pilihlah daging ayam fillet yang segar dan bebas tulang. Potong-potong ayam fillet sesuai dengan selera Anda.
  2. Tepung Terigu: Gunakan tepung terigu serbaguna untuk melapisi ayam sehingga menjadi crispy. Tepung terigu ini akan memberikan tekstur yang renyah pada ayam geprek.
  3. Tepung Maizena: Tepung maizena akan membantu memberikan lapisan yang lebih lembut dan renyah pada ayam geprek crispy Anda.
  4. Telur: Kocok telur hingga rata untuk digunakan sebagai bahan untuk melapisi ayam sebelum dilumuri tepung.
  5. Bumbu-bumbu: Untuk memberikan cita rasa yang lezat pada ayam geprek, Anda akan membutuhkan bumbu-bumbu seperti garam, merica, bawang putih bubuk, dan bawang merah bubuk. Anda juga bisa menambahkan bumbu lain sesuai dengan selera Anda.
  6. Sambal Korek: Sambal korek adalah sambal khas Indonesia yang pedas dan memiliki cita rasa yang khas. Anda bisa membuat sambal korek sendiri atau membeli yang sudah siap pakai di toko.
  7. Minyak Goreng: Minyak goreng digunakan untuk menggoreng ayam hingga matang dan crispy.

Pastikan Anda memiliki semua bahan-bahan di atas sebelum memulai proses membuat Ayam Geprek Crispy Sambal Korek. Dengan menggunakan bahan-bahan yang segar dan berkualitas, Anda akan mendapatkan hasil yang lebih lezat dan menggugah selera.

Langkah-Langkah Membuat Ayam Geprek Crispy Sambal Korek yang Nikmat dan Pedas

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat Ayam Geprek Crispy Sambal Korek yang nikmat dan pedas:

1. Pertama, siapkan bahan-bahan yang diperlukan. Anda akan membutuhkan:

  • 500 gram ayam fillet, potong menjadi bagian kecil
  • 2 butir telur, kocok lepas
  • 200 gram tepung serbaguna
  • Minyak goreng secukupnya
  • Garam dan merica secukupnya
Baca juga:  Resep Soto Ayam Kuning: Kreasi Tradisional yang Menggugah Selera

2. Siapkan wajan dan panaskan minyak goreng dalam jumlah yang cukup untuk menggoreng ayam. Pastikan minyak sudah cukup panas sebelum memulai proses penggorengan.

3. Ambil satu potongan ayam fillet dan celupkan ke dalam telur kocok lepas. Pastikan seluruh permukaan ayam terlapisi dengan telur.

4. Setelah itu, gulingkan ayam yang sudah terlapisi telur ke dalam tepung serbaguna. Pastikan ayam terbalut dengan tepung secara merata.

5. Goreng ayam dalam minyak panas sampai berwarna kecokelatan dan renyah. Pastikan ayam matang sempurna di dalamnya. Angkat dan tiriskan ayam dari minyak goreng.

6. Selanjutnya, siapkan bumbu sambal korek. Anda akan membutuhkan:

  • 5 buah cabai rawit merah
  • 3 siung bawang putih
  • 2 buah tomat merah
  • 1 sendok makan air jeruk nipis
  • Garam secukupnya

7. Haluskan cabai rawit, bawang putih, dan tomat menggunakan blender atau ulekan. Tambahkan garam secukupnya dan air jeruk nipis. Aduk rata.

8. Setelah itu, geprek ayam yang sudah digoreng dengan bumbu sambal korek yang sudah dibuat tadi. Geprek sesuai selera, jika Anda ingin lebih pedas, bisa tambahkan cabai rawit merah yang sudah diiris.

9. Ayam Geprek Crispy Sambal Korek siap disajikan. Anda bisa menambahkan nasi putih dan lalapan sebagai pelengkap.

Demikianlah langkah-langkah untuk membuat Ayam Geprek Crispy Sambal Korek yang nikmat dan pedas. Selamat mencoba resep ini di rumah!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *