Resep Kangkung Tauge Tumis Terasi Saus Tiram

Resep Kangkung Tauge Tumis Terasi Saus Tiram

Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang resep masak Kangkung Tauge Tumis Terasi Saus Tiram yang lezat dan mudah. Kangkung adalah salah satu sayuran yang sering dijadikan bahan masakan di Indonesia. Kombinasi kangkung dengan tauge, terasi, dan saus tiram akan menghasilkan hidangan yang menggugah selera.

Pada bagian pertama, kita akan mencantumkan resep Kangkung Tauge Tumis Terasi Saus Tiram yang dapat dengan mudah diikuti oleh siapa pun. Kemudian, pada bagian kedua, akan dijelaskan bahan-bahan yang diperlukan serta langkah-langkah detail dalam pembuatan hidangan ini.

Selain itu, pada bagian ketiga, kita akan memberikan tips dan trik mengolah Kangkung Tauge Tumis Terasi Saus Tiram agar rasanya benar-benar maknyus. Tips ini akan membantu pembaca dalam menghasilkan hidangan yang sempurna dan memuaskan.

Dengan mengikuti resep dan tips yang diberikan, Anda akan dapat membuat hidangan Kangkung Tauge Tumis Terasi Saus Tiram yang lezat dan menggugah selera. Selamat mencoba!

Resep Kangkung Tauge Tumis Terasi Saus Tiram yang Lezat dan Mudah

Berikut adalah resep Kangkung Tauge Tumis Terasi Saus Tiram yang lezat dan mudah untuk Anda coba di rumah. Kombinasi dari kangkung, tauge, terasi, dan saus tiram memberikan cita rasa yang kaya dan menggugah selera. Tidak hanya itu, resep ini juga sangat sederhana dan cepat untuk disiapkan, sehingga cocok untuk Anda yang ingin menyajikan hidangan lezat dalam waktu singkat.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat Kangkung Tauge Tumis Terasi Saus Tiram ini sangat mudah ditemukan di pasar atau toko terdekat. Anda akan membutuhkan:

  • 1 ikat kangkung, potong-potong
  • 100 gram tauge, bersihkan
  • 2 siung bawang putih, cincang halus
  • 2 sendok makan terasi, sangrai sebentar
  • 1 sendok makan saus tiram
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 2 sendok makan minyak goreng
Baca juga:  Resep Kangkung Terasi Pedas: Nikmatnya Perpaduan Rasa Pedas dan Gurih

Cara membuat Kangkung Tauge Tumis Terasi Saus Tiram ini juga sangat mudah dan cepat. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Panaskan minyak goreng dalam wajan atau penggorengan di atas api sedang.
  2. Tumis bawang putih hingga harum dan kecokelatan.
  3. Masukkan terasi sangrai dan aduk rata hingga terasi tercampur dengan bawang putih.
  4. Tambahkan kangkung dan aduk rata hingga kangkung layu.
  5. Masukkan tauge, saus tiram, gula pasir, garam, dan merica bubuk. Aduk rata hingga semua bahan tercampur merata.
  6. Masak kangkung dan tauge hingga matang, tetapi masih sedikit renyah.
  7. Angkat dan sajikan Kangkung Tauge Tumis Terasi Saus Tiram ini selagi hangat.

Resep Kangkung Tauge Tumis Terasi Saus Tiram ini dapat disajikan sebagai hidangan utama atau sebagai lauk pendamping nasi putih hangat. Rasanya yang lezat dan gurih akan membuat hidangan ini menjadi favorit di meja makan Anda. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Bahan-bahan dan Langkah-langkah Membuat Kangkung Tauge Tumis Terasi Saus Tiram yang Menggugah Selera

Berikut ini adalah bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat Kangkung Tauge Tumis Terasi Saus Tiram yang menggugah selera:

  • 2 ikat kangkung, petik daunnya dan cuci bersih
  • 1 genggam tauge, bersihkan akar dan cuci bersih
  • 3 siung bawang merah, iris tipis
  • 2 siung bawang putih, iris tipis
  • 2 buah cabai merah besar, potong serong
  • 2 buah cabai rawit merah, iris tipis (optional)
  • 1 sendok makan terasi, sangrai sebentar
  • 2 sendok makan saus tiram
  • 1 sendok teh kecap manis
  • Garam secukupnya
  • Merica bubuk secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya untuk menumis

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat Kangkung Tauge Tumis Terasi Saus Tiram yang menggugah selera:

  1. Panaskan minyak goreng dalam wajan dengan api sedang. Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum dan berwarna kecokelatan.
  2. Masukkan terasi yang sudah disangrai, aduk rata dengan bawang merah dan bawang putih. Tumis hingga terasi tercampur merata dengan bumbu lainnya.
  3. Tambahkan cabai merah besar dan cabai rawit (jika menggunakan), aduk rata dan tumis sebentar hingga cabai sedikit layu.
  4. Masukkan kangkung dan tauge, aduk rata dengan bumbu dan cabai. Tumis hingga kangkung layu dan tauge agak matang.
  5. Tuangkan saus tiram dan kecap manis, aduk rata dengan kangkung dan tauge. Tambahkan garam dan merica bubuk secukupnya sesuai selera.
  6. Masak selama beberapa menit hingga semua bumbu meresap ke dalam kangkung dan tauge.
  7. Angkat dan sajikan Kangkung Tauge Tumis Terasi Saus Tiram dalam piring saji.
Baca juga:  Resep Capcay Kembang Tahu yang Mudah dan Praktis

Selamat mencoba resep Kangkung Tauge Tumis Terasi Saus Tiram ini dan nikmati hidangannya yang menggugah selera!

Tips dan Trik Mengolah Kangkung Tauge Tumis Terasi Saus Tiram agar Rasanya Maknyus

Berikut adalah beberapa tips dan trik yang dapat Anda gunakan saat mengolah kangkung tauge tumis terasi saus tiram agar rasanya maknyus:

  1. Pilih kangkung dan tauge yang segar: Pastikan kangkung dan tauge yang Anda gunakan masih segar agar menghasilkan rasa yang lebih enak. Periksa baik-baik daun kangkung dan pastikan tidak ada daun yang layu atau berwarna kecoklatan. Untuk tauge, pilih tauge yang terlihat segar dan tidak berbau.
  2. Bersihkan kangkung dan tauge dengan baik: Sebelum dimasak, cuci kangkung dan tauge dengan air bersih. Pastikan Anda membersihkannya dengan baik untuk menghilangkan kotoran dan bahan kimia yang mungkin masih menempel.
  3. Potong kangkung dan tauge secara seragam: Untuk memastikan masakan Anda matang secara merata, potong kangkung dan tauge secara seragam. Gunakan pisau yang tajam dan potong kangkung dalam ukuran yang sama agar mereka bisa matang dengan sempurna.
  4. Jangan mengolah kangkung terlalu lama: Kangkung adalah sayuran yang cepat matang, jadi jangan mengolahnya terlalu lama. Masak kangkung hanya sampai layu dan warnanya berubah menjadi lebih cerah. Jangan biarkan kangkung terlalu lembek atau berwarna kecoklatan.
  5. Gunakan terasi yang berkualitas: Terasi adalah bumbu penting dalam masakan ini, jadi pastikan Anda menggunakan terasi yang berkualitas baik. Pilih terasi yang segar dan aromanya sedap. Anda juga bisa menambahkan sedikit gula ke dalam terasi untuk menyeimbangkan rasa masakan.
  6. Tambahkan saus tiram secukupnya: Saus tiram memberikan rasa gurih dan sedikit manis pada masakan ini. Tambahkan saus tiram secukupnya sesuai dengan selera Anda. Jangan terlalu banyak atau terlalu sedikit, karena dapat mempengaruhi rasa masakan secara keseluruhan.
Baca juga:  Resep Cah Brokoli Kembang Tahu yang Hemat dan Cepat

Dengan mengikuti tips dan trik di atas, Anda akan dapat mengolah kangkung tauge tumis terasi saus tiram yang lezat dan menggugah selera. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *