Resep Kangkung Terasi Pedas: Nikmatnya Perpaduan Rasa Pedas dan Gurih

Resep Kangkung Terasi Pedas

Artikel ini akan membahas tentang resep masak Kangkung terasi pedas yang menggugah selera. Kangkung terasi pedas merupakan salah satu hidangan yang populer di Indonesia. Perpaduan rasa pedas dan gurih pada masakan ini membuatnya menjadi favorit banyak orang.

Dalam artikel ini, Anda akan menemukan resep lengkap, bahan-bahan yang dibutuhkan, dan langkah-langkah mudah untuk membuat Kangkung terasi pedas yang lezat. Jadi, jika Anda ingin mencoba hidangan yang menggoda selera ini, simaklah artikel berikut ini.

Resep Kangkung Terasi Pedas: Nikmatnya Perpaduan Rasa Pedas dan Gurih

Kangkung terasi pedas adalah salah satu hidangan yang sangat populer di Indonesia. Perpaduan rasa pedas dan gurih membuatnya menjadi makanan yang disukai oleh banyak orang. Dalam resep ini, kangkung segar diolah dengan bumbu terasi yang kaya akan cita rasa.

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat kangkung terasi pedas ini cukup sederhana. Anda akan membutuhkan kangkung segar, terasi, bawang merah, bawang putih, cabai merah, gula, garam, dan minyak goreng. Bahan-bahan ini bisa dengan mudah ditemukan di pasar atau toko bahan makanan terdekat.

Langkah pertama dalam membuat kangkung terasi pedas adalah menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan. Cuci bersih kangkung dan potong-potong menjadi bagian yang lebih kecil. Iris bawang merah, bawang putih, dan cabai merah. Jika Anda ingin hidangan ini lebih pedas, Anda bisa menambahkan cabai rawit sesuai selera.

Selanjutnya, panaskan sedikit minyak goreng dalam wajan. Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum. Tambahkan cabai merah dan terasi ke dalam wajan. Aduk rata hingga terasi tercampur dengan bumbu lainnya. Setelah itu, tambahkan sedikit gula dan garam untuk menyesuaikan rasa.

Kemudian, masukkan kangkung ke dalam wajan. Aduk rata agar bumbu meresap ke dalam kangkung. Pastikan kangkung tidak terlalu matang agar tetap renyah. Setelah semua bahan tercampur dengan baik, angkat dan hidangkan kangkung terasi pedas ini bersama dengan nasi putih hangat.

Baca juga:  Resep Kangkung Hidroponik Tumis Terasi: Lezat, Sehat, dan Mudah Dibuat!

Kangkung terasi pedas ini bisa menjadi hidangan utama atau pelengkap untuk makan siang atau malam Anda. Rasanya yang pedas dan gurih akan membuat Anda ketagihan. Jika Anda ingin mencoba variasi lain, Anda juga bisa menambahkan udang atau ayam ke dalam hidangan ini.

Dengan resep kangkung terasi pedas yang sederhana ini, Anda bisa menikmati hidangan lezat di rumah. Cobalah resep ini dan nikmati perpaduan rasa pedas dan gurih yang menggugah selera.

Bahan-bahan Sederhana yang Dibutuhkan untuk Membuat Kangkung Terasi Pedas yang Lezat

Untuk membuat Kangkung Terasi Pedas yang lezat, Anda hanya perlu beberapa bahan sederhana yang mudah ditemukan di pasar atau toko bahan makanan terdekat. Berikut adalah daftar bahan-bahan yang dibutuhkan:

  1. Kangkung segar: Pastikan Anda memilih kangkung yang segar dan masih renyah. Anda dapat membelinya di pasar atau toko bahan makanan terdekat. Pastikan juga untuk membersihkan kangkung dengan baik sebelum digunakan.
  2. Terasi: Terasi merupakan bumbu khas yang memberikan cita rasa khas pada masakan Kangkung Terasi Pedas. Anda dapat membelinya di pasar atau toko bahan makanan terdekat. Pastikan untuk memilih terasi yang berkualitas baik untuk hasil maksimal.
  3. Bawang merah: Bawang merah akan memberikan aroma dan rasa yang lezat pada masakan Kangkung Terasi Pedas. Anda dapat menggunakan bawang merah segar yang sudah diiris tipis atau bawang merah yang sudah dihaluskan.
  4. Bawang putih: Bawang putih merupakan bumbu yang tidak boleh terlewatkan dalam masakan Kangkung Terasi Pedas. Bawang putih dapat memberikan rasa yang sedikit pedas dan aroma yang harum pada masakan. Anda dapat menggunakan bawang putih yang sudah diiris tipis atau bawang putih yang sudah dihaluskan.
  5. Cabai merah: Untuk memberikan rasa pedas pada masakan Kangkung Terasi Pedas, Anda dapat menggunakan cabai merah segar yang sudah diiris tipis atau cabai merah yang sudah dihaluskan. Jumlah cabai merah dapat disesuaikan dengan tingkat kepedasan yang diinginkan.
  6. Garam: Garam merupakan bumbu yang wajib ada dalam setiap masakan. Garam akan memberikan rasa yang seimbang pada masakan Kangkung Terasi Pedas. Pastikan untuk menggunakan garam secukupnya agar tidak membuat masakan terlalu asin.
  7. Minyak goreng: Minyak goreng digunakan untuk menggoreng bumbu-bumbu yang akan digunakan dalam masakan Kangkung Terasi Pedas. Anda dapat menggunakan minyak goreng biasa yang biasa digunakan dalam masakan sehari-hari.
Baca juga:  Tumis Kangkung Saus Tiram Simpel: Resep Praktis untuk Mengolah Sayuran Segar

Dengan menggunakan bahan-bahan sederhana di atas, Anda dapat dengan mudah membuat Kangkung Terasi Pedas yang lezat di rumah. Pastikan untuk mengikuti langkah-langkah dalam resep Kangkung Terasi Pedas yang akan dijelaskan selanjutnya untuk mendapatkan hasil yang sempurna.

Langkah Mudah Membuat Kangkung Terasi Pedas yang Menggugah Selera

Kangkung terasi pedas adalah salah satu hidangan yang sangat populer di Indonesia. Rasanya yang pedas dan gurih membuat hidangan ini menjadi favorit banyak orang. Jika Anda ingin mencoba membuat kangkung terasi pedas sendiri di rumah, berikut adalah langkah-langkah mudah yang dapat Anda ikuti:

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kangkung terasi pedas antara lain:

  • 300 gram kangkung, pilih yang segar dan belum terlalu tua
  • 2 sendok makan terasi udang, haluskan
  • 3 siung bawang putih, cincang halus
  • 3 buah cabai merah, iris tipis
  • 1 sendok teh gula
  • 1/2 sendok teh garam
  • Minyak goreng secukupnya untuk menumis

Berikut adalah langkah-langkah dalam membuat kangkung terasi pedas:

  1. Pertama, bersihkan kangkung dengan air mengalir untuk menghilangkan kotoran dan pasir yang mungkin masih menempel pada daunnya. Kemudian, potong-potong kangkung menjadi bagian yang lebih mudah dimakan.
  2. Panaskan minyak goreng dalam wajan. Tumis bawang putih dan cabai merah hingga harum dan matang.
  3. Setelah itu, tambahkan terasi udang yang telah dihaluskan. Aduk rata dan masak hingga terasi tercampur dengan bumbu lainnya.
  4. Masukkan kangkung yang telah dipotong ke dalam wajan. Aduk rata agar bumbu terasi merata di seluruh kangkung.
  5. Tambahkan gula dan garam. Aduk kembali hingga bumbu meresap dan kangkung matang sempurna. Pastikan kangkung tidak terlalu lama dimasak agar masih tetap renyah.
  6. Setelah kangkung matang, angkat dari wajan dan sajikan selagi hangat.
Baca juga:  Resep Masak Bobor Bayam Jagung dan Wortel

Kangkung terasi pedas siap disajikan sebagai hidangan pendamping nasi putih atau nasi goreng. Rasanya yang pedas dan gurih akan memanjakan lidah Anda. Selain itu, kangkung juga mengandung banyak nutrisi penting seperti vitamin A, vitamin C, dan serat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Itulah langkah mudah dalam membuat kangkung terasi pedas yang menggugah selera. Anda dapat menambahkan bahan lain seperti udang atau daging ayam sesuai dengan selera Anda. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *