Resep Ayam Geprek Crispy Sambal Mercon: Pedasnya Menggoda

Resep Ayam Geprek Crispy Sambal Mercon

Ayam geprek crispy sambal mercon adalah salah satu hidangan yang sedang populer di Indonesia. Hidangan ini memiliki rasa pedas yang menggugah selera dan tekstur renyah yang membuatnya menjadi favorit bagi pecinta makanan pedas. Bagi Anda yang ingin mencoba membuat sendiri hidangan ini di rumah, kami telah menyusun artikel ini untuk memberikan resep dan langkah-langkah yang mudah dan sederhana.

Dalam artikel ini, Anda akan menemukan resep lengkap Ayam Geprek Crispy Sambal Mercon, bahan-bahan yang dibutuhkan, dan langkah-langkah simpel dalam membuat hidangan ini. Jadi, mari kita mulai dengan mengeksplorasi cara membuat Ayam Geprek Crispy Sambal Mercon yang lezat dan pedas!

Resep Ayam Geprek Crispy Sambal Mercon yang Mudah dan Lezat

Ayam geprek crispy sambal mercon merupakan salah satu hidangan yang sedang populer di Indonesia. Rasanya yang pedas dan gurih membuatnya menjadi favorit banyak orang. Jika Anda ingin mencoba membuatnya sendiri di rumah, berikut adalah resep yang mudah dan lezat untuk Ayam Geprek Crispy Sambal Mercon.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat Ayam Geprek Crispy Sambal Mercon antara lain:

  • 500 gram ayam fillet, potong menjadi bagian-bagian kecil
  • 2 siung bawang putih, haluskan
  • 1 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • 1 sendok teh kaldu bubuk
  • 1 sendok makan kecap manis
  • 2 sendok makan tepung maizena
  • Minyak goreng secukupnya

Untuk sambal mercon, Anda akan membutuhkan bahan-bahan berikut:

  • 5 buah cabai merah besar
  • 10 buah cabai rawit merah
  • 4 siung bawang putih
  • 2 buah tomat
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok makan gula pasir
  • 2 sendok makan minyak goreng

Berikut adalah langkah-langkah cara membuat Ayam Geprek Crispy Sambal Mercon:

  1. Pertama, marinasi ayam fillet dengan bawang putih, garam, merica bubuk, kaldu bubuk, dan kecap manis. Diamkan selama 15-30 menit agar bumbu meresap.
  2. Setelah itu, lumuri ayam dengan tepung maizena hingga rata.
  3. Panaskan minyak goreng dalam wajan dengan api sedang. Goreng ayam hingga kecokelatan dan crispy. Angkat dan tiriskan.
  4. Selanjutnya, untuk membuat sambal mercon, haluskan cabai merah besar, cabai rawit merah, bawang putih, dan tomat menggunakan blender atau ulekan.
  5. Panaskan minyak goreng dalam wajan, tumis bumbu halus hingga harum dan matang. Tambahkan garam dan gula pasir, aduk rata. Angkat dan sisihkan.
  6. Geprek ayam yang sudah digoreng dengan menggunakan ulekan atau alat geprek lainnya hingga melebar.
  7. Terakhir, sajikan ayam geprek crispy dengan sambal mercon di atasnya.
Baca juga:  Resep Masak Bobor Bayam Praktis: Menu Sehat dan Lezat

Ayam Geprek Crispy Sambal Mercon siap disajikan dan dinikmati. Hidangan ini cocok disantap bersama nasi putih hangat dan lauk pelengkap lainnya seperti tahu atau tempe goreng. Selamat mencoba!

Bahan-bahan yang Dibutuhkan untuk Membuat Ayam Geprek Crispy Sambal Mercon

Untuk membuat Ayam Geprek Crispy Sambal Mercon, Anda akan membutuhkan beberapa bahan yang dapat memberikan cita rasa pedas dan renyah pada hidangan ini. Berikut adalah daftar bahan-bahan yang diperlukan:

1. Ayam Fillet: 500 gram

Anda dapat menggunakan daging ayam bagian dada yang telah dibuang tulang dan kulitnya. Potong ayam menjadi fillet-tipis agar mudah digoreng.

2. Tepung Terigu: 150 gram

Tepung terigu digunakan untuk melapisi ayam sehingga menghasilkan tekstur yang renyah saat digoreng. Pastikan Anda menggunakan tepung terigu yang halus dan tidak mengandung pengembang.

3. Tepung Maizena: 50 gram

Tepung maizena digunakan bersamaan dengan tepung terigu untuk memberikan lapisan yang lebih renyah pada ayam yang digoreng.

4. Telur: 2 butir

Telur digunakan sebagai bahan perendam ayam sebelum dilapisi tepung. Pecahkan telur ke dalam mangkuk dan kocok hingga rata sebelum digunakan.

5. Bawang Putih: 3 siung

Bawang putih digunakan untuk memberikan aroma dan rasa yang khas pada ayam geprek. Cincang halus bawang putih sebelum digunakan.

6. Sambal Mercon: sesuai selera

Sambal mercon adalah bumbu utama dalam hidangan ini. Anda dapat menggunakan sambal mercon yang sudah siap pakai atau membuatnya sendiri sesuai selera tingkat kepedasan.

7. Garam: secukupnya

Garam digunakan untuk memberikan rasa pada ayam geprek. Tambahkan secukupnya sesuai dengan selera Anda.

8. Minyak Goreng: secukupnya

Minyak goreng digunakan untuk menggoreng ayam hingga matang dan berwarna kecokelatan. Pastikan Anda menggunakan minyak goreng yang segar dan cukup banyak untuk menggoreng ayam secara merata.

Baca juga:  Resep Ayam Geprek Crispy Mozarella yang Lezat dan Mudah

9. Air Jeruk Nipis: secukupnya (opsional)

Air jeruk nipis dapat digunakan untuk memberikan rasa segar pada ayam geprek crispy. Tambahkan sesuai dengan selera Anda.

Pastikan Anda menyiapkan semua bahan dengan baik sebelum memulai proses memasak Ayam Geprek Crispy Sambal Mercon. Dengan menggunakan bahan-bahan tersebut, Anda dapat membuat hidangan yang lezat dan menggugah selera.

Langkah-langkah Simpel Membuat Ayam Geprek Crispy Sambal Mercon yang Pedas dan Nikmat

Apakah Anda seorang pecinta makanan pedas? Jika iya, maka Ayam Geprek Crispy Sambal Mercon adalah salah satu hidangan yang wajib dicoba. Di sini, kami akan membagikan resep Ayam Geprek Crispy Sambal Mercon yang mudah dan enak untuk Anda coba di rumah. Yuk, simak langkah-langkahnya berikut ini!

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat Ayam Geprek Crispy Sambal Mercon antara lain:

  • Ayam potong, sesuai selera
  • Tepung terigu
  • Tepung beras
  • Telur ayam
  • Bumbu penyedap rasa
  • Garam
  • Merica bubuk
  • Sambal mercon
  • Minyak goreng secukupnya

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat Ayam Geprek Crispy Sambal Mercon:

  1. Pertama, siapkan ayam potong yang telah dicuci bersih. Lumuri ayam dengan bumbu penyedap rasa, garam, dan merica bubuk. Diamkan selama beberapa menit agar bumbu meresap.
  2. Selanjutnya, siapkan tiga wadah terpisah. Isi wadah pertama dengan tepung terigu, wadah kedua dengan tepung beras, dan wadah ketiga dengan telur ayam yang telah dikocok lepas.
  3. Ambil satu potong ayam, gulingkan dalam tepung terigu hingga terbalut rata. Kemudian, celupkan ayam yang telah terbalut tepung terigu ke dalam telur ayam, pastikan seluruh permukaan ayam terlapisi telur. Terakhir, gulingkan ayam dalam tepung beras hingga seluruh permukaan ayam terbalut tepung beras.
  4. Panaskan minyak goreng dalam wajan. Goreng ayam dalam minyak panas hingga berwarna kecokelatan dan renyah. Angkat ayam dan tiriskan dari minyak berlebih.
  5. Setelah itu, langkah terakhir adalah mencampurkan sambal mercon dengan ayam goreng. Anda bisa menyesuaikan jumlah sambal sesuai dengan tingkat kepedasan yang diinginkan. Aduk rata hingga sambal mercon terdistribusi merata pada permukaan ayam.
Baca juga:  Soto Ayam Lamongan: Resep Lezat dan Autentik untuk Menggugah Selera

Ayam Geprek Crispy Sambal Mercon siap disajikan! Hidangan ini dapat Anda nikmati sebagai lauk pendamping nasi putih hangat atau sebagai tambahan pada menu makan siang atau malam Anda. Rasakan sensasi pedas dan renyahnya ayam geprek ini, pasti akan membuat lidah Anda bergoyang!

Demikianlah langkah-langkah simpel untuk membuat Ayam Geprek Crispy Sambal Mercon yang pedas dan nikmat. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *